Tag


Memilih pasangan hidup bukanlah suatu hal yang mudah diputuskan. Ada banyak pertimbangan yang harus diambil sebelum menentukan pilihan. Toh demikian, terlalu selektif dalam memilih terkadang juga dapat menjadikan seseorang kemudian kesulitan menemukan pasangan yang benar-benar sesuai dengan kriteria yang ditetapkannya. Bagi seorang lelaki yang nantinya menjadi imam dalam keluarga, bukan hanya mencari pasangan calon istri solikhah, namun lebih menitikberatkan pada bagaimana membentuk seorang istri menjadi istri yang solikhah.

Disamping itu, poin lain yang harus menjadi pertimbangan bagi seorang suami agar kehidupan rumah tangganya dapat menjadi keluarga yang harmonis antara lain :

Menunjukkan Kepedulian Melalui Tindakan.

Seorang pemimpin tidak cukup dengan hanya memberi perintah ini itu, namun harus mencontohkannya melalui tindakan nyata agar keluarganya dapat meniru suri tauladan yang diberikan. Sebagai contoh, misalkan saja akan sulit ketika memberi perintah kepada anak/istri untuk sholat tepat waktu ketika yang memberi perintah sering terlambat dalam melaksanakan sholat.

Berpikir Tentang Kesejahteraan Istri Dan Anak-Anak.

Seorang suami bekerja keras membanting tulang tentunya demi kesejahteraan keluarganya.

Menjaga Pandangan.

Banyak wanita yang saat ini semakin tidak mengindahkan kaidah agama dalam berpakaian. Banyak yang berpakaian ketat termasuk ibu-ibu yang seharusnya memberikan suri tauladan bagaimana berpakaian yang baik kepada anak-anaknya. Hal ini menjadi tantangan yang cukup berat dalam kehidupan berumah tangga. Menjaga pandangan menjadi tuntunan yang baik untuk dilaksanakan.

Menjaga Keluarga Dengan Pendidikan Dan Standar Yang Baik

Pendidikan menjadi investasi berharga dalam kehidupan keluarga. Pengalaman yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari harus dapat menjadi sarana pembelajaran dan pendidikan yang berharga dalam kemajuan hubungan antara suami, istri, dan anak. menentukan standar yang baik juga diperlukan misalkan saja bangun pagi minimal pukul 04.30 agar dapat melaksanakan sholat subuh berjama’ah.

Semoga bermanfaat.

Source : exspresiku