Tag

,


Untuk meraih berkah hidup itu sesungguhnya mudah. Yakni dengan jalan gemar bersedekah. Namun, orang seringkali tidak mengerti bagaimana sedekah yang dapat segera meraup berkah itu ? Itulah sebabnya, agar sedekah cepat meraup berkah, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini.

Sedekah yang Terbaik

Berikanlah sedekah terbaik. Terbaik tidak harus baru, tidak harus banyak jumlahnya. Pikiurkanlah, bahwa pemberian terbaik adalah yang bila kita menggunakannya pun sebenarnya kita masih pantas.

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaktian (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan (sebagian harta) yang kamu cintai. (QS. Ali Imron: 92)”

“Wahai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu nafkahkan daripadanya. (QS. Al Baqarah: 267)”

Termasuk dari harta kekayaan terbaik adalah yang didapat dengan cara halal, tidak menindas, tidak merampas orang lain, bukan hasil korupsi, manipulasi dll. Sungguh harta seperti itu bukan harta terbaik yang dapat disedekahkan, dan boleh jadi tidak berkah bila disedekahkan. Jadi, carilah rizki yang halal lagi berkah. Insya Allah hidup Anda sekeluarga dinaungi keberkahan dan kebahagiaan dunia akhirat.

Ikhlas dalam Bersedekah

Apa yang Anda sedekahkan, sesungguhnya adalah menyampaikan hak orang lain yang terdapat atau dititipkan melalui harta kekayaan Anda. Karena itu, relakanlah, lapangkan hati dan jiwa saat dan setelah memberikan hak orang lain itu.

Rutin dan Istiqomah (ajeg)

Berbuat baik memang tidak harus dalam jumlah banyak. Termasuk bersedekah. Yang penting rutin dan istiqomah, alias ajeg. Amal yang baik bukanlah amal yang dikerjakan atau diberikan dalam jumlah banyak, namun setelah itu tak pernah lagi dilakukan. Namun, lebih baik amal baik dikerjakan dalam kadar kemampuan tetapi dilakukan secara rutin dan ajeg.

Istiqomah dalam bersedekah juga menjadi ujian, apakah seseorang bersedekah karena situasi. Jika sedang membutuhkan pertolongan Allah dia gemar bersedekah, namun di saat sedang berbahagia dia menjadi kikir.

Tidak Membeda-bedakan penerima Sedekah

Hidup ini lebih indah bila kita beragam. Keragaman akan memperkaya khasanah kehidupan. Karena itu, jangan pernah bercita-cita hidup dalam keseragaman. Demikian itulah seharusnya kita hidup

Mulailah dari yang Terdekat

Memang penting membangun solidaritas umat, atau atas kepentingan rakyat. Tetapi, cobalah lihat sekeliling apakah telah tiada orang yang membutuhkan bantuan dan sedekah Anda ? Mulailah dari terdekat. Mereka adalah orang-orang terdekat yang terlibat dengan hidup Anda. Masalah mereka adalah masalah Anda juga, bukan ? Mereka adalah saudara terdekat Anda. Cintai mereka seperti Anda mencintai diri Anda sendiri.