Tag


Konten adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan dengan sungguh – sungguh ketika seorang blogger menginginkan agar blog yang dikelolanya dapat menjadi salah satu blog yang populer. Terus terang hal ini belum dapat saya terapkan secara sungguh – sungguh dalam blog ini. Tidak ada alasan lain, tapi memang jujur kurangnya kesungguhan dalam me-manage blog ini menjadikan kontennya amburadul, kurang terfokus, karena memang menulis artikel hanya bersesuaian dengan mood.

Sebagai pengingat bagi diri saya sendiri pada khususnya, dan semoga bermanfaat bagi Anda pengunjung setia blog ini, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan popularitas blog yang kita kelola :

  1. Buatlah Konten Berkualitas. Pengunjung akan setia untuk melakukan kunjungan balik ketika mereka menemukan banyak artikel berkualitas yang tersedia dalam tulisan yang Anda posting. (Admin masih belajar membuat konten berkualitas)
  2. Konsistensi. Usahakan untuk memposting artikel baru minimal 3 hari sekali atau 3 buah artikel baru dalam seminggu. Hal ini adalah jarak yang cukup ideal mengingat kesibukan yang pastinya menyita waktu Anda. Hal ini juga untuk menjaga agar para pengunjung setia blog kita dapat mengikuti perkembangan yang ada dalam blog kita. (Admin belum bisa konsisten, masih angin – anginan dalam menulis)
  3. Jalin Kerja Sama Dengan Blogger Lain. Penting untuk membangun sebuah komunitas blogger yang kita miliki. Ada sebuah tambahan semangat ketika kita sedang mengalami kebuntuan menemukan ide untuk untuk ditulis. Termasuk di dalamnya rajin untuk melakukan blog walking karena disamping akan memberikan ide – ide segar, juga akan mempererat jalinan kerja sama dengan blogger lain. (Admin baru bisa menjalin pertemanan dengan beberapa blogger)
  4. Manfaatkan Media Sosial. Facebook dan twitter dapat menjadi batu loncatan untuk menaikkan popularitas blog yang kita kelola. Hubungkan secara otomatis antara blog dengan media sosial sehingga ketika kita meng-update blog, maka secara otomatis link tersebut akan muncul baik di facebook maupun di twitter dan juga kita tidak perlu untuk repot – repot meng-update secara manual. (Admin sudah melakukannya)
  5. Jadilah diri sendiri. Metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) layak dipertimbangkan, namun ya itu tadi, ketiganya harus dikerjakan semua, tidak hanya diamati karena tidak bakalan mulai action, ketika hanya sampai pada tahap tiru maka hanya akan melakukan plagiat dan tentunya berbahaya bagi keberlangsungan blog yang dikelola. Sedangkan ketika sampai pada tahap modifikasi, maka hal ini merupakan langkah dasar bagi blogger newbie seperti saya untuk mulai eksis di dunia blogging. (Admin sudah melakukannya)

Demikianlah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mulai eksis di dunia blogging, semoga bermanfaat.