Tag


Setelah menempuh jenjang pendidikan selama 3 tahun yang pastinya penuh dengan suka duka, penuh perjuangan untuk dapat meraih prestasi terbaik, setelah menjalani tahap ujian akhir yang begitu mendebarkan dan setelah menerima pengumuman bahwa ternyata lulus sekolah dengan nilai yang memuaskan, pastilah ada perasaan senang dan bahagia.

Kelulusan, sebuah moment bahagia yang sekaligus moment mengharukan. Moment membahagiakan karena dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik, dapat menjadi kebanggaan ortu, dan pacar mungkin. Di sisi lain, moment mengharukan karena kita harus menerima kenyataan akan berpisah dengan teman – teman yang selama 3 tahun ke belakang selalu bersama – sama, banyak kenangan di bangku sekolah yang pastinya akan menjadi kenangan manis bagi cerita kehidupan di masa depan.

Saya merasa heran ketika pada hari ini masih saja ada yang merayakan moment kelulusan dengan konvoi sepeda motor dan aksi corat – coret seragam. Saya jadi teringat moment kelulusan dulu sewaktu sekolah di tingkat SMA. Pada saat itu bukannya merasa bahagia maupun gembira, namun saya justru merasa nelangsa, merasa sedih.

Tidak merasa bahagia karena saya optimis dapat lulus ujian Nasional, sehingga ketika pengumuman kelulusan diberikan, saya tidak terkejut dengan hasilnya. Merasa sedihnya yakni karena ke depannya saya akan memasuki kehidupan yang sebenarnya, meninggalkan kehidupan seorang remaja yang mana ketika mau apa – apa tinggal minta ke orang tua. Berpisah dengan teman – teman dekat yang sudah saya anggap seperti saudara sendiri. Bahkan ada yang pada saat acara perpisahan kelulusan tidak dapat mengikutinya karena sudah masuk ke dunia kerja di daerah kota Jakarta.

Setiap moment ibarat sebuah pintu. Pernah melewati tapal batas desa? Di satu sisi ada tulisan “selamat datang”, di sisi lain ada tulisan “selamat jalan”. Pun demikian halnya dengan kelulusan, sebuah pintu masuk/pintu selamat datang bagi perputaran roda kehidupan berikutnya. Mungkin ada yang akan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah, atau mungkin ada yang sudah bersiap berangkat ke kota besar karena sudah mendapatkan kontrak kerja, atau bahkan mungkin ada yang masih belum bisa keluar dari bayang – bayang masa sekolah sehingga masih belum rela/ikhlas untuk kemudian menyesuaikan diri dengan perputaran roda kehidupan dalam menjalani peran baru yang harus dijalani, kaki terasa begitu berat untuk melangkah ke kehidupan yang baru dimana nostalgia terasa begitu lekat dan terasa begitu indah dibandingkan dengan kehidupan baru yang dirasa begitu berat dan penuh tantangan untuk dijalani

Pintu selamat jalan yang terkadang kita lupakan. Memang akan lebih baik untuk tetap menatap ke depan, terus berlari mengejar mimpi. Kelulusan merupakan sebuah garis start dimana kehidupan yang sebenarnya baru dimulai.

Mengenang masa – masa bersama teman di bangku sekolah terasa begitu menyakitkan ketika ternyata hal tersebut tidak akan dapat terulang lagi. Namun meneruskan hidup dan menciptakan moment – moment bahagia berikutnya adalah hal yang jauh lebih penting. So, sangat penting untuk menjalani kehidupan ini dengan sebaik mungkin agar di kemudian hari tidak timbul penyesalan karena menyia – nyiakan anugerah kehidupan ini.

Moment kelulusan menjadi hal terakhir bagi kita di bangku sekolah, namun bukan berarti kegiatan belajar kita juga berhenti, karena belajar itu adalah kewajiban sepanjang hayat. Long life education. Dunia ini adalah tempat belajar yang sangat luas. Untuk belajar itu mudah, lihatlah setiap orang di sekelilingmu dengan lebih teliti, ada banyak hal yang dapat kamu pelajari dari setiap diri mereka. Setiap orang yang datang dalam kehidupanmu, ada ilmu yang dapat kamu ambil dari mereka.

Di pasar ada banyak pedagang, namun ada pedagang yang laris dan ada pedagang yang merugi. Pelajarilah bagaimana pedagang tersebut untung besar dan pelajari juga kenapa pedagang yang lain justru merugi. Tidak hanya berdagang, ada banyak hal lain yang dapat kita pelajari dari orang – orang di sekeliling kita. So, kalau mau belajar, ada banyak jalan.

Akhir kata, bagi adik – adik yang telah dinyatakan lulus hari ini, coba renungkan kembali dan tentukan arah yang pasti akan kemana arah tujuan kehidupan yang akan kalian tuju. Bagi yang terlanjur corat – coret baju, simpan dengan baik baju seragam kalian dan tempatkan di dalam kamar di tempat yang mudah terlihat, karena saya percaya setelah moment kelulusan ini kalian justru akan dapat belajar lebih banyak dan lebih baik lagi melalui kampus dunia yang begitu luas dan kaya akan ilmu ketika memandang baju seragam tersebut.