Tag


Suatu ketika Anda akan melakukan perjalanan jauh ke suatu tempat, dan di tempat tersebut Anda akan tinggal sementara selama satu minggu untuk mengikuti sebuah kegiatan. Jadi, Anda baru akan kembali ke rumah seminggu kemudian. Katakanlah kegiatan yang akan Anda ikuti adalah sebuah seminar.

Tentu saja ada banyak barang yang harus Anda bawa, utamanya pakaian, buku, laptop, beberapa peralatan mandi, dan barang – barang lainnya. Kesemuanya Anda masukkan ke dalam koper. Pertanyaannya, berapa banyak barang yang bisa dimasukkan ke dalam koper adalah tergantung dari bagaimana Anda menata barang dengan rapi dan berapa besar ukuran koper yang Anda miliki.

Ketika Anda mempunyai koper ukuran besar, mungkin akan ada lebih banyak ruang sehingga akan lebih banyak barang yang bisa Anda bawa. Namun ketika koper Anda ukurannya kecil, maka harus lebih rapi lagi dalam menata barang agar dapat banyak barang yang bisa dibawa.

Menurut pandangan saya, koper ini mungkin dapat diibaratkan sebagai sebuah kehidupan. Seperti halnya sebuah kehidupan. Koper adalah waktu yang Anda miliki. Ada yang mungkin mempunyai “ukuran” 60 tahun, 40 tahun, 20 tahun, atau bahkan lebih muda sudah dipanggil ataupun mempunyai ukuran waktu hidup yang lebih lama.

Sementara barang – barang yang Anda masukkan ke dalam koper adalah berbagai peran aktivitas ataupun amal perbuatan yang Anda kerjakan di dalam kehidupan ini. Semakin rapi (terencana dengan baik) aktivitas yang Anda lakukan, maka semakin banyak aktivitas yang dapat Anda masukkan di dalam “koper kehidupan” Anda.

Sudah berapa banyak barang yang dapat Anda masukkan ke dalam koper kehidupan ini? Masih ada berapa ruang tersisa bagi barang – barang lainnya yang ingin Anda bawa serta dalam perjalanan Anda?

Ayo tata ulang barang yang sudah ada, rapikan agar lebih banyak barang yang dapat Anda masukkan dalam koper kehidupan Anda. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perbaikan dalam hidup kita.

Ingat, perjalanan kita adalah perjalanan yang tidak ada kemungkinan untuk kembali. Sudah seharusnya koper yang kita bawa untuk diisi barang bawaan yang benar – benar penting dan benar – benar kita butuhkan ketika kita sampai di tempat tujuan kita. Keluarkan barang yang ternyata tidak kita butuhkan, dan ganti dengan barang yang benar – benar kita butuhkan.

Semangat perbaikan.