Kebumencybercity.info Peran media cetak seperti halnya koran atau majalah semakin berkurang akibat terkikis oleh media informasi online yang sifat beritanya lebih cepat, lebih murah serta mudah untuk diakses dan keberagaman berita yang ada. Untuk bisa mendapatkan informasi berita terbaru di media online ini, kita hanya perlu menyediakan HP ataupun netbook serta koneksi internet untuk dapat mengakses berita – berita terkini melalui portal – portal berita terpercaya seperti halnya detikdotcom ataupun kompasdotcom serta ratusan bahkan ribuan portal berita lainnya.

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat terutama internet, menjadikan komunikasi semakin bersifat dua arah. Komunikasi dua arah ini dalam artian bahwa pembaca berita tidak hanya membaca, namun juga dapat memberikan respon langsung terhadap berita yang ada baik itu melalui kolom komentar maupun menghubungi pihak – pihak yang terkait dengan pemberitaan tersebut.

Masing – masing individu mempunyai kebutuhannya sendiri dalam mengakses informasi yang tersedia di internet. Ada yang menantikan informasi perkembangan terbaru dari dunia olah raga, dunia politik, informasi kesehatan, informasi pendidikan, informasi wilayahnya bahkan informasi dari orang – orang yang diperhatikannya melalui jejaring sosial media seperti facebook dan twitter.

Penggunaan facebook serta twitter merupakan sebuah bentuk perwujudan dari kebutuhan warga untuk berbagi informasi yang mereka dapatkan dalam kehidupan sehari – hari kepada khalayak umum. Tidak ada batasan dalam hal informasi apa saja yang akan mereka sampaikan. Bisa saja berupa keluhan, suasana hati, tanggapan terhadap suatu kejadian atau peristiwa, informasi cuaca, informasi lalu lintas, dan berbagai macam informasi lainnya.

Secara umum dapat dikatakan bahwa kegiatan penyampaian informasi yang dilakukan tersebut merupakan bagian dari sebuah kegiatan jurnalistik atau pemberitaan. kegiatan jurnalistik sendiri adalah kegiatan berupa pengiriman informasi dari sini ke sana dengan benar, seksama, dan cepat dalam rangka membela kebenaran dan keadilan (Erik Hodgins). Kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh warga biasa disebut dengan jurnalistik warga.

Kebebasan yang terkandung dalam dunia maya (internet) serta berbagai media yang tersedia dan bersifat gratis membuat peranan warga dalam kegiatan jurnalistik menjadi semakin terbuka lebar. Mereka dapat dengan leluasa menyampaikan baik informasi, ide, saran, kritikan, masukan, keluhan, serta berbagai macam informasi lainnya dengan bebas serta dilindungi oleh undang – undang. Seorang blogger pun dapat dikategorikan termasuk ke dalam kegiatan jurnalistik warga karena sifatnya yang berbagi informasi bermanfaat kepada orang lain dalam bentuk artikel postingan di blog yang dikelolanya.

Saya pernah membaca sebuah artikel yang ditulis langsung oleh pelaku kejadian melalui blog yang dikelolanya dimana dirinya menjadi korban penipuan uang palsu. Ketika ia sedang menjaga tokonya, ada seorang pembeli yang datang dan membeli rokok satu bungkus dengan uang seratus ribuan. Pada mulanya ia tidak curiga, namun setelah diteliti dengan seksama, ternyata uang tersebut adalah palsu. Namun sayang si pelaku penipuan sudah keburu pergi membawa rokok dan uang kembalian asli. Meskipun demikian, ia kemudian mencantumkan ciri – ciri pelaku penipuan dan berharap tidak ada korban penipuan uang palsu berikutnya. Dapat dikatakan bahwa ia telah melakukan kegiatan jurnalistik warga.

Orang yang membaca sebuah informasi cenderung akan lebih percaya bila yang menyampaikan informasi tersebut adalah langsung dari orang yang berada di lokasi kejadian atau bahkan mengalami kejadian itu sendiri, oleh karenanya para awak media akan berlomba – lomba agar dapat mewawancarai pelaku kejadian atau orang yang berada di lokasi kejadian untuk mendapatkan tingkat kepercayaan dari pemirsanya. Namun karena keterbatasan awak media, dan kejadian yang tidak dapat diduga yang menimpa orang lain bahkan mungkin diri Anda sendiri, maka tidak ada salahnya bila anda menyampaikan informasi tersebut melalui media internet dan turut berperan serta dalam kegiatan jurnalistik warga seperti halnya pada contoh di atas.

Hanya memang kebebasan tersebut tentu saja harus dibarengi dengan tanggung jawab, sehingga tidak merugikan pihak lain pada akhirnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan menyampaikan informasi ke media sosial agar informasi yang disampaikan bermanfaat bagi orang lain, antara lain :

  1. Sampaikan Informasi Yang Benar.

Jangan menyampaikan informasi yang hanya bersifat kabar angin/isu belaka, karena sebuah isu belum diketahui dengan pasti kebenarannya, terlebih isu – isu negatif yang dapat memancing konflik. Jangan sampai Anda menjadi bagian dari pihak yang menyampaikan informasi bohong, karena dengan sendirinya akan merugikan diri anda sendiri. Terlebih lagi di dunia maya informasi bergerak dengan sangat cepat, maka dengan cepat pula reputasi/nama baik anda akan hancur.

  1. Sampaikan Informasi Yang Membangun.

Sampaikanlah informasi yang membangun kebersamaan dalam masyarakat sehingga menumbuhkan rasa persatuan yang semakin erat. Saya yakin informasi seperti ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan menjadikan anda semakin dikenal sebagai seorang jurnalis warga yang baik pada khususnya. Usahakan untuk menyajikan informasi dari sudut pandang yang bersifat membangun bagi masyarakat.

  1. Hindari Menyampaikan Informasi Yang Berkaitan Dengan Seksualitas.

Dulu, membicarakan tentang seks merupakan sesuatu yang tabu untuk dilakukan dalam masyarakat. Namun kini begitu mudah untuk mendapatkan artikel yang membahas tentang seksualitas, tidak hanya di situs “ecek – ecek”, namun bahkan situs – situs terkenal pun membahasnya. Saya pribadi merasa cukup menyayangkan hal ini. Kecenderungan yang ada ketika orang dewasa bahkan anak – anak semakin mengetahui tentang seksualitas adalah kemudian ingin mempraktikkan apa yang diketahuinya tersebut. Memang tidak dapat menjadi landasan yang valid, namun semakin hari semakin marak budaya seks pranikah yang terjadi di kalangan pelajar. Bolehlah membicarakan masalah seks, yaitu dengan dokter yang ahli dalam bidang tersebut.

  1. Jaga Dengan Baik Privasi Orang Lain.

Sama halnya ketika Anda menginginkan agar privasi anda tidak dilanggar oleh orang lain.

                Seorang warga yang secara mandiri menjadi seorang jurnalis melalui informasi – informasi yang diberikan melalui tulisan – tulisannya yang bermanfaat, entah itu melalui media sosial seperti facebook maupun twitter atau melalui blog, saya rasa akan sangat mendukung bagi perkembangan kemajuan warga masyarakat yang membaca informasi – informasi darinya.

                Sudah saatnya bagi para warga masyarakat untuk lebih memaksimalkan fungsi media sosial maupun blog dengan menyampaikan informasi – informasi positif yang akan bermanfaat bagi para teman/followernya dan bersikap dewasa dalam penggunaannya.

                Memang tidak dapat dipastikan keakuratannya, namun kita akan dapat menilai sampai seberapa jauh tingkat kedewasaan seseorang melalui tulisan – tulisan dalam akun media sosialnya. Apakah berisi keluhan, suasana hati yang berganti – ganti, atau informasi bermanfaat bagi teman – temannya.

Menjadi seorang jurnalis warga tidaklah sulit dimana hanya membutuhkan dua modal dasar, yakni rasa keingintahuan yang tinggi dan sikap mempertanyakan kebenaran terhadap suatu informasi yang ada.

Sudahkah Anda siap menjadi seorang jurnalist warga?

@awalmandiri