Tag


8 langkah mudah mengatur waktu :

  1. Buatlah/Milikilah Sebuah Rencana. Dengan memiliki rencana, maka penggunaan waktu akan lebih terarah sehingga dapat lebih efektif dan efisien.
  2. Selesaikan “Batu Besar” nya Dulu. Fokus pertama dalam sebuah rencana adalah menyelesaikan poin terpenting dahulu. Hal ini menjadikan kita mampu menghandle poin – poin pendukung dari “batu besar”nya. Dapat dicontohkan ketika kita memasukkan batu besar dan pasir ke dalam sebuah ember. Ketika pasir terlebih dahulu yang dimasukkan, maka kecil kemungkinan batu besarnya akan dapat masuk ke dalam ember. Namun ketika batu besarnya terlebih dahulu yang dimasukkan, maka pasir juga akan mampu masuk.
  3. Rencana B. Terkadang ada hal – hal yang diluar dugaan terjadi sehingga mengakibatkan rencana utama tidak dapat berjalan dengan baik. Ketika ternyata rencana utama tidak dapat berjalan, maka beralih ke rencana B merupakan opsi terbaik yang dapat dilakukan. Akan ada perbedaan yang sangat besar ketika seseorang mempunyai rencana B dengan seseorang yang tidak mempunyai rencana B.
  4. Hentikan Interupsi Waktu. Dalam pelaksanaan rencana terkadang ada hal – hal sepele yang terkadang tanpa kita sadari memakan cukup banyak waktu, semisal saja untuk membalas sms atau mengangkat panggilan masuk yang sebenarnya merupakan hal sepele. Usahakan untuk menghindari hal – hal ini.
  5. Istirahat. Usahakan untuk beristirahat setiap 60 menit sekali selama kurang lebih 5 – 10 menit. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk “keluar” sejenak dari rutinitas dan melihat apakah semuanya sudah berjalan sesuai dengan rencana atau malah melenceng dari sasaran. Istirahat ini juga berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap optimal dalam bekerja. Istirahat dapat berupa berjalan – jalan sebentar, minum air putih, atau kegiatan rehat lainnya.
  6. Mengakhiri Rencana. Penggunaan waktu sebaiknya tetap menjaga keseimbangan, antara pekerjaan, istirahat, dan ibadah. Hentikan pekerjaan ketika memang alokasi waktu yang disediakan sudah habis.
  7. Bekerja Di Dalam Tim. Selain mempermudah tercapainya rencana karena ada pembagian kerja, hal ini juga untuk menjaga motivasi sehingga dalam bekerja tetap bersemangat dengan dukungan anggota tim lainnya. buatlah sebuah tim bersama dengan orang – orang yang mempunyai arah tujuan yang sama dengan Anda. Inilah salah satu fungsi dari menjalin silaturahmi sebanyak mungkin dengan orang lain.🙂
  8. Evaluasi Rencana yang telah berjalan untuk dilakukan perbaikan – perbaikan/pembenahan

Semoga bermanfaat untuk teman – teman semua. Mungkin ada yang mempunyai langkah – langkah selain 8 langkah mudah mengatur waktu yang dijelaskan di atas, marilah di share melalui kolom komentar. Terima kasih.

Referensi : marketing, twitter,