Tag

,


Menempuh perjalanan yang cukup jauh, misalkan saja dari kota kebumen menuju kota bandung ataupun kota jakarta tentu akan menjadi perjalanan yang melelahkan dan membosankan bila disepanjang perjalanan kendaraan yang kita naiki terjebak dalam kemacetan jalan raya ataupun ketidaknyamanan akibat kendaraan yang kita pakai kondisinya kurang fit, ataupun supir/pengendara lain yang mengemudikan kendaraannya secara ugal – ugalan sehingga membahayakan dirinya sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

Jasa angkutan kereta api yang dari tahun ke tahun berusaha memperbaiki kualitas pelayanannya, patut untuk dilirik sebagai sarana transportasi yang menempati urutan pertama ketika anda akan melakukan perjalanan jauh. Alasannya adalah bahwa saat ini “wajah” pelayanan jasa angkutan kereta api telah berubah drastis dibandingkan dengan “wajah” sebelumnya. Dahulu jasa angkutan kereta api identik dengan kekumuhan dan kesemrawutan, namun kini hal itu telah berubah, dimana ;

Proses pemesanan tiket tidak harus dilakukan melalui loket yang ada di stasiun, namun dapat juga dipesan melalui alfamart maupun tempat lain yang telah bekerja sama dengan PT KAI (sistem pemesanan tiket KA online). Dari tempat pemesanan ini, misalkan dalam hal ini saya contohkan alfamart yang hampir terdapat di setiap kecamatan, maka kita akan mendapatkan struk yang harus ditukarkan di loket stasiun dengan tiket kereta api ketika kita akan naik kereta. Dengan cara seperti ini, maka kita akan terbebas dari antrian di loket stasiun ketika akan memesan tiket, dan juga memudahkan petugas loket dalam melayani proses pemesanan tiket yang kita lakukan sehingga proses dapat dipercepat. Proses pemesanan tiket dapat dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan.

Nama pemegang tiket harus sesuai dengan KTP atau kartu identitas lain yang dimilikinya. Hal ini untuk menghilangkan praktek percaloan tiket yang menjadikan harga tiket melonjak sangat tinggi, terutama ketika pengguna kereta api meningkat semisal pada hari libur maupun hari raya.
Ketika sudah memasuki kereta, kondisi gerbong juga relatif bersih, dimana tidak seperti dulu yang penuh dengan sampah hasil bekas makanan. Hal ini akibat kebijakan melarang pedagang asongan untuk berjualan di dalam gerbong, walaupun masih ada, namun setidaknya jumlahnya tidak sebanyak dulu yang cukup mengganggu.

Satu penumpang satu tempat duduk, sehingga tidak ada penumpang yang tidak kebagian tempat duduk sehingga harus berdiri. Menempuh perjalanan jauh dengan kereta api tentunya akan sangat tidak nyaman bila kita harus berdiri sepanjang perjalanan di dalam gerbong, ataupun harus duduk di dekat pintu masuk gerbong yang bersebelahan dengan kamar kecil.

Di dalam gerbong juga terdapat peraturan melarang penumpang untuk menyalakan rokok. Hal ini menjadikan penumpang yang tidak merokok merasa nyaman dan terbebas dari asap rokok.

Dengan harga tiket yang hanya 20 ribu untuk kereta kelas ekonomi jurusan kutoarjo – kiara condong, dan dengan kenyamanan yang ditawarkan, sudah saatnya bagi kita untuk menjadikan kereta api sebagai sarana transportasi utama perjalanan yang kita lakukan.
Dan poin penting lainnya adalah bahwa sesungguhnya Indonesia mampu berubah menjadi lebih baik. Tentunya harus disertai dengan dukungan dari para warga masyarakatnya.