Tag


Bepergian menggunakan jalur kereta api sepertinya untuk ke depannya akan semakin nyaman, aman dan menyenangkan sehingga akan menjadi pilihan utama dibandingkan sarana transportasi lainnya. Hal ini cukup terbukti dengan tiket kereta api yang sudah habis terjual untuk waktu keberangkatan setelah hari raya idul fitri atau sekitar akhir bulan agustus baik untuk kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif. Banyak peningkatan dan kemajuan yang saya rasakan kemarin ketika pergi ke Kota Bandung menggunakan jasa Kereta Api Kutojaya Selatan.

Berangkat dari Stasiun Karanganyar pada hari rabu, tanggal 8 agustus 2012 pukul 09 pagi setelah sekitar 2 minggu sebelumnya memesan tiket kereta api kelas ekonomi. Hanya dengan biaya 20 ribu saja, terhitung lebih murah bila dibandingkan dengan angkutan transportasi lainnya seperti bus bahkan kendaraan pribadi. Memang ada sedikit kesulitan bila hendak memesan tiket untuk pemberangkatan mendadak, dimana terkadang tidak mendapat tiket untuk jadwal keberangkatan yang dimaksudkan. Misalkan saja untuk berangkat hari ini lalu membeli tiket pada hari itu juga.

Namun jarak pemesanan tiket yang sudah bisa dipesan 90 hari sebelum jadwal pemberangkatan akan lebih memudahkan kita untuk bisa memesan tiket jauh hari sebelum jadwal keberangkatan yang kita rencanakan, seperti halnya saya yang memesan 2 minggu sebelumnya.

Untuk pemesanan tiket, guna menghindari praktik percaloan, maka bagi para calon pemegang tiket diharuskan untuk menunjukkan Kartu Tanda Penduduk. Hal ini berlaku efektif mulai tanggal 1 september 2012 mendatang.

Selanjutnya, ketika akan masuk ke tempat tunggu kereta, akan ada petugas keamanan yang memeriksa kesesuaian tiket yang dipegang dengan data calon penumpang berdasarkan KTP yang dimiliki. Hal ini menjadikan tidak sembarang orang bisa keluar masuk ke tempat tunggu kereta sehingga menjadikan keamanan calon penumpang lebih terjaga. Maklum, terkadang ada calon penumpang yang membawa banyak barang bawaan dan membutuhkan pengawasan yang lebih cermat agar barang bawaan tidak hilang atau tertukar.
Setelah masuk ke dalam gerbong, dapat dipastikan bahwa para calon penumpang mendapat tempat duduk masing – masing sehingga tidak ada penumpang yang berdiri karena tidak kebagian tempat duduk seperti pada masa – masa sebelumnya. Hal ini menjadikan perjalanan terasa lebih nyaman.

Kondisi gerbong, termasuk lantai gerbong juga dapat dikatakan cukup bersih, tidak banyak sampah yang berserakan. Hanya saja masih terdapat pedagang asongan yang menjajakan barang dagangannya dan juga beberapa pengamen. Mungkin hal ini akan sulit untuk dihilangkan dan mungkin juga hal ini memang menjadi ciri khas dari gerbong kereta api kelas ekonomi. Mungkin pedagang dan pengamen ini memang tidak bisa dihilangkan, namun upaya untuk meminimalkan jumlah pedagang yang masuk ke dalam gerbong dapat diusahakan oleh PT KA. Ada beberapa pedagang yang sudah memakai sejenis kaos identitas sehingga mudah untuk dikenali dan dalam menjajakan barang dagangannya juga lebih sopan kepada penumpang dibanding pedagang yang tidak memakai “kaos identitas”
Ketika kondisi perjalanan memasuki siang hari, kipas dalam gerbong berfungsi sehingga dapat mengurangi hawa panas yang mulai terasa. Kipas mulai beroperasi sekitar pukul 11-an dan berhenti beroperasi sekitar pukul 14-an.

Kemungkinan terjadinya tindakan kriminal di dalam kereta juga dapat diminimalisir seperti halnya tindakan kriminal berupa pembiusan lewat minuman. Dengan adanya data penumpang yang valid berdasarkan KTP, maka akan dapat dilacak siapa penumpang yang berada bersama penumpang yang menjadi korban sehingga dapat dimintai keterangannya.

Semoga untuk ke depannya, kualitas dari pelayanan perjalanan menggunakan kereta api dapat semakin ditingkatkan, sehingga masyarakat lebih cenderung untuk menggunakan jasa perjalanan ini dan kemungkinan dapat mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi.

Perjalanan semakin aman, nyaman, murah, serta cepat sampai tujuan. Bagi masyarakat, transportasi menggunakan kereta api semakin aman dan nyaman lho, berdasarkan pengalaman saya sendiri seperti yang saya utarakan di atas. Jadi, ayo gunakan kereta api untuk sarana transportasi kita.