Tag

, , ,


Banyak ragam cara yang dilakukan oleh seseorang untuk dapat mencukupi kebutuhan hidupnya. Atau dengan kata lain seseorang berusaha untuk mendapatkan pemasukan atau income sebagai usaha bagi pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Ada banyak profesi yang ditekuni mulai dari profesi sebagai petani yang harus rela berpanas-panasan di sawah profesi sebagai pengajar/guru, profesi sebagai dokter, profesi sebagai wartawan, profesi sebagai buruh pabrik, profesi sebagai wirausahawan serta masih banyak profesi lainnya.

Dalam perkembangan zaman yang semakin maju, dimana saat ini adalah zaman/era informasi yang mana arus informasi bergerak dengan sangat cepat, seseorang yang mampu memanfaatkan informasi dengan baik dan benar serta tepat guna akan mampu untuk meningkatkan taraf hidup/kualitas hidupnya.

Arus informasi tidak bisa lepas dari yang namanya internet atau dunia maya ataupun disebut dunia online. Contoh mudahnya adalah ketika seseorang sedang berselancar di dunia maya untuk mencari informasi bisa berupa berita, video foto, status, hiburan dan lain-lain, biasanya dalam social media seperti facebook kadang dikatakan sedang OL.

Pertumbuhan pengguna internet dari tahun ke tahun semakin meningkat dengan sangat pesat, terlebih lagi di Negara berkembang seperti Indonesia yang mana hampir setiap hari bermunculan pengguna internet baru. Hal ini dimungkinkan karena layanan internet semakin luas dan biayanya semakin murah sehingga terjangkau oleh hampir semua lapisan masyarakat.

Tentu saja hal ini merupakan suatu peluang yang sangat baik dan peluang yang sangat besar bagi anda yang mampu melihatnya, bukan dengan pandangan mata tentunya, melainkan memandang peluang ini dengan pemikiran maju dan cerdas.

Selanjutnya, setelah melihat potensi dari dunia online ini yang menyediakan begitu banyak calon konsumen, akan muncul pertanyaan dalam benak kita, “wah, potensi yang sangat bagus, lalu bagaimana saya memanfaatkan potensi online ini?” pada dasarnya, bagi seseorang yang ingin mendapatkan keuntungan dari dunia online ini hanya ada satu kata yaitu bisnis. Dalam bisnis itu sendiri, ada hal mendasar yang dapat dilakukan yaitu berjualan produk ataupun berjualan jasa. Sebagai contoh, petani dapat berbisnis online dengan menjual produk hasil pertaniannya melalui media online yang mana hal ini akan dapat mengurangi mata rantai perdagangan antara penjual dan pembeli yang tentu saja akan meningkatkan income petani itu sendiri.

Bagi seorang dokter, dapat menjual jasa konsultasi medis dengan para pasien yang tidak terbatas dari mana asalnya, selama ia dapat terhubung dengan internet.

Lalu, darimana kita memulainya? Langkah termudah yang dapat dilakukan adalah dengan membuat/memiliki website pribadi. Tapi tunggu dulu, janganlah berpikiran kaku tentang website seperti bahwa website itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, perawatan/maintenance yang rumit, harus keren dan banyak pikiran pesimistis lainnya. Yang saya maksudkan dengan website pribadi adalah sebuah blog. Ya, sebuah blog yang kita kelola secara mandiri. Banyak koq penyedia layanan blog gratis antara lain blogspot.com dan wordpress.com seperti pada blog saya ini.

Namun karena anda adalah berniat untuk berbisnis online, maka saya sarankan sebaiknya anda memiliki blog pribadi yang berbayar, dengan demikian, kendali blog sepenuhnya ada di tangan anda. Berbeda halnya dengan blog gratisan dimana apabila ada konten yang melanggar aturan, maka blog anda akan disuspend atau bahkan dihapus dari system. Tentu saja ini adalah kerugian besar bagi bisnis anda.

Untuk memiliki sebuah blog premium pribadi, tidak diperlukan biaya yang besar. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah domain dan hosting. Harga sebuah domain .com atau .net berkisar antara 80-90rb dengan masa kepemilikan 1 tahun. Sedangkan biaya sebuah hosting dengan memori 250mb tidak lebih dari 150rb/tahun, sehingga total biaya sekitar 250rb pertahun, lebih murah dibandingkan pajak kendaraan bermotor anda tiap tahunnya.

Setelah mempunyai blog premium pribadi, langkah selanjutnya adalah mengupdate informasi di blog yang anda miliki. Disini diperlukan komitmen dan konsistensi demi meningkatkan kredibilitas anda dan tingkat kepercayaan di mata pelanggan yang imbas akhirnya adalah meningkatkan penjualan baik produk/jasa yang anda berikan.

Walaupun dapat belajar secara otodidak tentang dunia blogger dengan berselancar di dunia online, hal ini hanya akan membuang – buang waktu dan informasi yang didapatkan pun biasanya hanya bersifat basic/mendasar tentang dunia blogging.

Dalam suatu pepatah dikatakan bahwa semua ada harga yang harus dibayar, maksudnya adalah bila memang anda berniat untuk menekuni bisnis online, tentu saja anda membutuhkan tutor/pembimbing berpengalaman yang akan memandu anda sampai pada tempat yang anda tuju, yang disini tujuannya adalah memperoleh income dari bisnis online.

Di ulang tahunnya yang ketiga, asta media group menawarkan sekolah blog bagi anda yang berniat untuk terjun ke dalam dunia bisnis online. Dengan tutor/pembimbing yang berpengalaman yang akan membantu anda menuju income dari bisnis online. Tidak tanggung – tanggung, asta media grup menjamin anda dapat meraih income dari bisnis online setelah belajar dan mempraktekkan ilmu yang mereka berikan maksimal dalam 3 bulan.

3 tahun usia perjalanan asta media grup cukup untuk merepresentasikan komitmen mereka dalam menjalani bisnis online dan memajukan dunia blogging di Indonesia dan khususnya anda yang berminat untuk meraih income dari dunia online. Apapun latar belakang profesi anda, semua bisa meraih income dari bisnis online, jadi ayo mari ambil peluang yang besar ini.