Tag

, , , ,


Hari dimana setiap amal yang telah kita lakukan dan setiap dosa yang kita lakukan pasti akan tiba. Pada hari itu, tiada satupun baik amal maupun dosa yang akan terlewat dari perhitungan. Bila amal ibadahnya lebih banyak, maka jadilah ia manusia yang selamat. Namun bila dosanya lebih banyak, maka jadilah ia orang yang celaka, kecuali bila ia mendapat ampunan dari-Nya.

Ketika kita beramal ibadah, amal ibadah ini merupakan suatu bentuk tabungan (investasi) kita yang kita harapkan manfaatnya di hari yang sulit. Amalan sunnah merupakan bentuk tabungan akherat yang sangat baik untuk dilaksanakan, semisal sholat sunnah rowatib, puasa sunnah, sodakoh, infak, membaca al qur’an, serta masih banyak contoh lainnya.

Kedewasaan juga merupakan bentuk hasil tabungan. Ia merupakan hasil dari pengalaman, ilmu yang dimiliki, serta proses belajar yang terus menerus dari seseorang.

Setiap hari berusaha untuk mengambil manfaat dan pelajaran yang penting serta berharga, yang mana bisa melalui pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, interaksi dengan orang lain, belajar di sekolah, belajar di luar sekolah, membaca buku, serta banyak cara lainnya.

Di dalam hubungan dengan orang lain, simpanlah tabungan yang terus ditingkatkan saldonya agar hubungan dapat terjalin dengan baik, bahkan sangat baik dan harmonis, melalui kejujuran, kesetiaan, pemberian hadiah, perhatian, serta kebaikan-kebaikan lainnya.

Hubungan dengan Alloh SWT, tabungan yang paling baik adalah takwa, yaitu menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Kita akan mengetahui mana/apa saja yang  berupa perintah dan apa saja yang berupa larangan bila kita belajar tentang ilmu agama dan inilah yang harus senantiasa kita upayakan semaksimal mungkin.