Tag

,


بسم الله الرحمن الر حيم

Ada kalanya kita sebagai anak mengalami hubungan yang kurang baik dengan orang tua entah karena keinginan kita yang tidak dituruti, perbedaan pandangan, dan masih banyak sebab yang lain. Akan tetapi sebisa mungkin janganlah hubungan yang kurang baik ini berlarut – larut. Sebagai seorang anak, sudah seharusnya untuk yang menjadi pihak pertama yang berusaha menyelesaikan permasalahan tersebut.

Bila terjadi satu perselisihan dengan orang tua, cobalah kita sebagai anak mengingat kembali tentang masa kecil kita. Masa ketika masih ada di dalam kandungan, masa ketika masih bayi, hingga beranjak remaja dan seterusnya.

Kita dikandung oleh ibu kita selama 9 bulan, sungguh bukan waktu yang sebentar, coba rasakan bagaimana penderitaannya mulai dari mual, mulas, tidak dapat tidur, rasa sakit, dan penderitaan lainnya. Mengapa sang ibu bersedia menjalani semua itu? Tidak lain dikarenakan rasa cinta serta rasa sayangnya kepada kita.

Tidak hanya sampai disitu, ketika kita lahir, sungguh perjuangan hidup mati bagi seorang ibu. Tidak sedikit ibu yang meninggal ketika melahirkan anaknya. Kita lahir tidak dapat melakukan apapun, semuanya ibu (orang tua) yang mengurusi keperluan kita mulai dari menyuapi makan, menyusui, memberi baju, menyekolahkan dan banyak hal yang lainnya.

Cobalah memikirkan semua hal itu sebelum kita melakukan perbuatan yang dapat menyakiti hati serta perasaan mereka. Apakah ini balasan yang seharusnya mereka dapatkan dari kita yang telah susah payah mereka rawat, besarkan, didik dengan hal – hal yang bermanfaat? Tentu saja bukan itu kan?

Di dalam al qur’an diterangkan bahwa jangan sampai kita membentak / berkata kasar kepada orang tua. Dan sebisa mungkin berbicaralah dengan mereka dengan perkataan yang lemah lembut, menjaga tata krama serta sopan santun di hadapan mereka dan mendoakan mereka.

Jangan sampai kita melakukan perbuatan yang dapat menjadikan orang tua kita marah dan membenci kita. Kita harus menuruti perintah mereka selama itu bukan perintah maksiat. Ingatlah bahwa Ridho Alloh SWT bersama – sama dengan ridho kedua orang tua kita dan murka dari Alloh beserta murka dari kedua orang tua.

Marilah berusaha menjadi seorang anak yang berbakti kepada kedua orang tua agar kita dapat selamat di dunia serta di akhirat..amiin..

Sebagai pengingat bagi diri sendiri dan semoga bermanfaat bagi anda yang telah membacanya…amiin…