Tag

,


Tadi sore, saya masuk ke satu forum dan disitu saya dapati orang yang sedang memperdebatkan sebuah masalah. Masing-masing pihak saling mempertahankan argumennya. Lalu, yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah berdebat itu perlu?
Saya ingin bertanya kepada anda, pernahkah anda berdebat dengan pasangan anda? Bila iya, apakah yang anda perdebatkan? Bagaimana akhir dari perdebatan anda dengan pasangan? OK, kembali ke pertanyaan apakah berdebat itu perlu? Jawabannya menurut saya pribadi adalah perlu. Apa jawaban anda?
Di dalam Islam dikatakan bahwa perbedaan itu adalah suatu anugerah. Apakah yang menimbulkan perdebatan? Karena adanya perbedaan kan? Mengapa debat diperlukan? Tujuan debat adalah mencari solusi terbaik. Istilah kerennya win win solution. Bener ga nulisnya?
Jadi memang berdebat itu diperlukan, tapi yang perlu digaris bawahi adalah tujuannya untuk mencari jalan keluar terbaik. Ok? Apapun yang anda perdebatkan, saya harap dapat tercapai hasil terbaik.
Sebagian besar, di dalam ruang debat kondisinya akan memanas. Sangat diperlukan kepala dingin bila sedang melakukan debat. Saya yakin anda adalah orang yang dapat mengatur stabilitas emosi dengan baik.
Ingat, memahami dan dipahami adalah kebutuhan kita. Bila ingin dipahami, maka diperlukan keberanian. Sedangkan bila ingin memahami, diperlukan pertimbangan.
Sukses selalu untuk anda..

awaludin | awaljamil@gmail.com