Tag

, ,


Kemajuan teknologi saat ini begitu pesat. Masing-masing membawa dampak positif dan dampak negatif.
Internet adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi. Di internet, saya dan anda dapat mencari informasi apapun yang dibutuhkan. Ya..informasi apapun.
Anda saat ini sudah mempunyai putra/putri yang masih dalam tingkat pendidikan SD/SLTP ?! Ini adalah usia yang rawan, terutama untuk saat ini. Mungkin bila dulu, usia itu belum masuk zona rawan, akan tetapi sekarang ini dengan berkembangnya kemajuan teknologi yang begitu pesat, anda dituntut untuk lebih waspada dalam mengawasi putra/putri anda, terutama dalam hal pemanfaatan teknologi.
Mengapa saya mengatakan demikian? Saya sering melihat anak SD sekitar kelas 4 – 6 beramai-ramai masuk ke warnet, hanya berkumpul dalam 1 komputer. Sebenarnya apa yang mereka akses di situs internet? Ku coba menanyakannya ke penjaga warnetnya. Ternyata yang diakses adalah situs yang berbau pornografi.
Apakah anda ingin bila putra anda terjerumus ke dalam jurang kerusakan? Mulai sekarang, tingkatkan kewaspadaan anda sebagai orang tua. Didik dan arahkan mereka sebaik mungkin ke arah yang baik. Terutama tentang pendidikan agama.
Selanjutnya adalah mengenai Ponsel/HP. Bila anda sudah mempercayakan putra Anda untuk memiliki HP sendiri, terutama bila HP itu mempunyai fitur video/kamera, sering-seringlah anda mengecek apa saja konten yang ada di dalamnya, tentu saja tanpa sepengetahuan putra anda. Hal ini penting sekali untuk dilakukan.
Memang seharusnya banyak pihak yang harus ikut bertanggung jawab dalam hal ini, mulai dari anda sebagai orang tua, penjaga warnet, guru sekolah, teman bergaul, dan masih banyak yang lainnya. Tapi tentunya anda sebagai orang tua adalah pihak yang memiliki tanggung jawab terbesar dalam mengarahkan dan mendidik putra anda agar jangan sampai terbawa dalam dampak negatif perkembangan teknologi ini.
Semoga kita semua dapat meminimalisir atau bahkan menghilangkan dampak negatif dari pesatnya kemajuan teknologi ini.
awaludin | awaljamil@gmail.com