Tag

, , , ,


Bila ingin memulai bisnis ataupun hal apa saja, mempunyai koneksi / hubungan baik dengan para pelaku bisnis lain adalah suatu keharusan. Mengapa ?! Karena dengan hubungan baik, kita akan mendapat bantuan / support bilamana ada sesuatu yang tidak beres terjadi pada bisnis kita.
Hal ini dapat dipelajari dari formasi “V” unggas yang sedang terbang yang sangat mengagumkan. Mengapa mereka membentuk formasi “V” ?! Bukan yang lain ?! Jawabannya adalah :
1. Dengan membentuk formasi “V” maka hambatan udara akan lebih kecil dibandingkan bila unggas itu terbang secara sendiri-sendiri.
2. Dengan hambatan udara yang lebih kecil, tenaga yang dikeluarkan untuk terbang akan lebih efisien.
3. Bila ada salah satu unggas yang keluar dari formasi, ia akan merasakan adanya suatu penolakan, sehingga akan segera masuk kembali ke dalam formasi.
4. Bila unggas yang berada di posisi paling depan (pemimpin) letih, ia akan beralih posisi ke belakang. Posisi pemimpin digantikan oleh unggas lain.
5. Sambil terbang, unggas yang berada di belakang (selain pemimpin) bersuara sebagai penyemangat pemimpin dalam memimpin formasi.
6. Bila ada salah satu unggas yang sakit, ia akan keluar dari formasi dengan ditemani beberapa unggas lain. Ia ditunggu sampai sembuh / mati.
Begitulah kupang lebihnya keuntungan unggas yang terbang dengan formasi “V”. Lalu apa hubungannya dengan bisnis ? Penjelasan manfaat dan hubungan terbang formasi “V” dengan bisnis akan saya jelaskan lebih rinci pada posting berikutnya.
Semoga tulisan ini dapat membuka wawasan anda untuk memulai bisnis yang sehat dan semoga berjalan sukses. Dan tentunya anda dapat mengambil hikmah bahwa betapa besar keagungan Tuhan.
awaludin | awaljamil@gmail.com