Tag

, , ,


TV atau televisi adalah barang elektronik yang hampir seluruh keluarga memilikinya. Benar kan? Selain karena harganya yang sangat terjangkau, televisi juga menjadi sumber hiburan bila kita sedang dalam kondisi luang/santai hingga kadang dapat membuat kita lupa waktu. Bukan cuma 1 televisi, bahkan kadang ada yang memilikinya lebih dari satu. Salahkah? Tentu tidak !!
Televisi mempunyai pengaruh yang sangat besar. Dapat berupa pengaruh positif, dapat pula pengaruh negatif. Tinggal bagaimana anda menyikapi dan menyaring informasi yang masuk ke pikiran anda.
Melihat acara televisi sekarang ini, kebanyakan stasiun TV berlomba-lomba menyajikan acara musik, gosip, sinetron, reality show, kuis, cari jodoh dan masih banyak yang lain. Sebagai contoh, apakah anda senang bila ada orang lain yang bergosip tentang anda? Saya rasa anda takkan suka. Tapi mengapa acara gosip bergosip begitu ramai? Semoga anda bukan tipe orang yang suka bergosip karena tidak ada untungnya sama sekali.
Contoh lain, hampir tiap jam ada saja stasiun TV yang menyajikan acara musik. Anda suka dengan musik? Sah-sah saja bila anda suka dengan musik, tapi apakah anda perlu menonton acara musik yang paling lagu-lagunya itu-itu saja?(yang lagi booming) semoga saja anda bijak dalam hal memanfaatkan waktu. Dan masih banyak contoh lain.
Dari contoh itu, dapat kita simpulkan bahwa banyak acara TV yang “tidak penting” bagi kita. Terus, mengapa anda masih menonton TV terus?
Tanpa disadari, cobalah hitung berapa waktu yang anda habiskan tiap hari untuk menonton TV. 3 jam? 4 jam? Atau bahkan lebih? Cobalah anda bayangkan berapa pekerjaan yang dapat diselesaikan bila anda mengurangi waktu untuk menonton TV.
Sangat sedikit keuntungan yang dapat diperoleh dengan berlama-lama duduk di depan televisi. Ambil remot sekarang juga dan matikan TV anda. Carilah kegiatan yang lebih bermanfaat dari pada sekedar duduk di depan televisi dan membiarkan pikiran anda dicekoki dengan berbagai macam promosi yang tidak perlu.
Manfaatkan waktu anda yang begitu berharga dengan kegiatan yang produktif.
Sukses selalu untuk anda.
awaludin | awaljamil@gmail.com