Tag

, , ,


Tahukah anda perhiasan terindah yang ada di dunia ini? Mungkin jawaban anda bervariasi, tapi jawaban pastinya adalah istri solikhah. Mengapa istri solikhah? Marilah kita berandai-andai sebentar. Misalkan anda adalah orang yang bergelimang harta, akan tetapi anda mempunyai istri yang tidak setia, kadang selingkuh, apa yang anda rasakan? Mungkin anda bisa saja ikut selingkuh, tapi yang saya bahas dan inginkan disini, anda adalah orang yang mengerti ilmu agama, ya walaupun sedikit sama seperti saya ini, Masih ingat kepada dosa. Pastinya yang anda rasakan adalah kesusahan kan?
Contoh yang kedua adalah misalkan anda orang yang hidup pas-pasan, akan tetapi anda mempunyai istri yang solikhah, tidak menuntut ini dan itu, perkataannya menentramkan jiwa, menyejukkan bila dipandang, teman setia dikala suka duka, sungguh, walaupun anda orang yang hidup pas-pasan, hal itu akan tidak terasa, bila anda pulang dan mendapati istri anda yang begitu setia menunggu anda di rumah. Beruntung sekali orang yang mendapatkan istri solikhah di dunia ini…(semoga saya termasuk orang yang beruntung itu..amiin..)
Anda sudah mempunyai gambaran betapa bahagianya bila anda mendapatkan istri yang solikhah? Selanjutnya, tulisan ini saya tujukan kepada anda (laki-laki) sebagai panduan memilih wanita solikhah dan bila anda wanita sebagai pedoman untuk menjadi wanita yang solikhah.
Tulisan ini diambil dari kitab mar atus solikhah karya kyai Masrukhan Al Maghfury. Ada beberapa bab yang akan diterangkan. Yang pertama adalah Istri solikhah terhadap Suami..
1. Bila ada masalah, di cari solusinya bersama-sama.
2. Bila ada keperluan ke luar rumah, istri meminta ijin kepada suami.
3. Bila suami sedang pergi, istri dapat menjaga harta dan kehormatannya.
4. Bila ada tamu laki-laki, istri tidak boleh menerima kecuali bila ada saudara lelaki/mahram yang menemani.
5. Bila istri mempunyai keperluan, ia berbicara secara sopan (lemah lembut) dan dengan perkataan yang halus sehingga tidak menyinggung perasaan suami.
6. Tidak suka cemberut.
7. Bila dipanggil, segera memenuhi panggilan suami.
8. Bila suami memberikan sesuatu ke istri, istri menerima dengan senang hati.
9. Istri dapat menjaga rahasia dengan sebaik-baiknya.
Mungkin saat ini sangat sulit untuk menemukan ciri wanita seperti itu. Kebanyakan yang ada sekarang adalah wanita karir. Akan tetapi, bila ada yang cocok, walaupun sedikit, itu sangat membantu, dari pada bila memilih wanita yang tidak ada cirinya dalam tulisan ini. Saat ini sekian dulu postingnya. Semoga dapat membantu.
Bila ada saran silahkan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih.