Tag

,


Bagi saya, dulu sewaktu masih sekolah, utamanya tingkat SD, pelajaran yang paling mudah dan bernilai tinggi adalah pelajaran PPKn (mungkin sekarang dah berganti nama). Mengapa saya katakan paling mudah? Karena PPKn merupakan pelajaran yang tidak memerlukan hitung-hitungan yang ribet dan membuat kepala saya pusing. Bagi saya,hitung-hitungan merupakan sesuatu yang menyebalkan. Tetapi tidak kalau sedang menghitung uang,.setuju ?!
Akan tetapi, kini setelah beranjak dewasa (saya sedang belajar menjadi dewasa), ternyata begitu banyak pelajaran PPKN yang begitu sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari . Salah satunya adalah mengenai TANGGUNG JAWAB.
Setiap tindakan/perbuatan,pasti memiliki konsekuensinya sendiri-sendiri. Konsekuensi inilah yang harus dapat dipertanggung jawabkan entah itu baik/buruk. Saya yakin anda pasti seorang yang bertanggung jawab, orang yang tidak lari dari apa yang harus anda pertanggung jawabkan.
Setiap individu mempunyai tanggung jawab masing-masing sesuai dengan kapasitas yang diembannya. Sebagai contoh : seorang siswa, apa yang jadi tanggung jawabnya? Ya, benar, tanggung jawabnya adalah belajar. Anda sebagai seorang ayah, tanggung jawabnya adalah menjadi pemimpin yang baik untuk anak dan istri anda. Dan tentunya masih banyak contoh yang lain.
Lalu apa sebenarnya arti tanggung jawab itu? Setelah kembali membuka buku-buku pelajaran (buku milik adik, punyaku dah hilang entah kemana) di dalam pelajaran ppkn dikatakan bahwa arti dari tanggung jawab yaitu kewajiban setiap orang untuk melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar. Ternyata, sungguh sulit menerapkan sikap tanggung jawab ini.
Oleh karena sulitnya tanggung jawab ini, banyak orang-orang yang lari dari tanggung jawabnya, karena memang lebih mudah menghindari tanggung jawab dari pada memikulnya. Tapi saya tidak menganjurkan hal ini.
Dengan menjadi orang yang bertanggung jawab, anda sudah memulai satu jalan menjadi manusia yang lebih baik dan dewasa.
Tahukah anda tentang betapa beratnya memikul tanggung jawab sebagai seorang hamba?
Ingatlah satu hadits berikut ini
‘Setiap orang dari kamu adalah pemimpin, dan kamu bertanggung jawab atas apa yang kamu pimpin.’