Setelah anda membaca tentang apa sebenarnya percaya diri itu dan manfaat apa saja yang diperoleh bila anda punya rasa percaya diri yang tinggi, mungkin anda bertanya, ‘ok, saya sudah tau apa itu PD dan manfaatnya apa saja, tapi gimana cara mengembangkan kepercayaan diri itu?’..
Di posting saya kali ini akan saya jelaskan sedikit mengenai cara mengembangkan rasa percaya diri. Mengapa saya katakan ‘sedikit’? Karena memang saya juga masih dalam tahap belajar mengembangkan rasa percaya diri. Bila kita sama-sama belajar, tentunya akan lebih baik kan teman?!
Caranya yaitu :
1. Menepati janji pada diri sendiri. Pernahkah anda janjian dengan teman, lalu teman anda tidak dapat memenuhi janjinya? Apa yang anda rasakan? Kecewa? Mungkin itu salah satu contoh. Begitu juga dengan diri anda,.ngomong-ngomong, sudah berapa kali anda berjanji kepada diri anda sendiri tetapi berapa kali juga anda telah mengingkarinya? Walaupun kelihatan sepele, namun dampaknya begitu besar. Anda menjadi tidak dapat mempercayai diri anda sendiri bukan? Maka dari itu, mulailah dari sekarang menepati janji-janji yang telah anda buat dengan diri anda sendiri.
2. Tolonglah orang yang memerlukan bantuan. Dengan melakukan perbuatan baik, maka citra positif akan memenuhi pikiran anda, yang mana akan menjadikan perasaan anda senang dan anda semakin percaya diri. Kebalikannya, bila anda telah melakukan suatu kesalahan, apa yang akan anda rasakan? Penyesalan? Bila dibiarkan berlarut-larut, hal itu akan mengganggu keseimbangan pikiran anda, yang akhirnya akan membuat suatu kemunduran dalam hidup anda. Bila memang telah melakukan suatu kesalahan, segeralah meminta maaf. Percayalah, meminta maaf bukannya akan menurunkan derajat anda,akan tetapi anda akan menjadi pribadi yang lebih maju.
3. Bersikap lembut terhadap diri sendiri. Maksudnya yaitu manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna, begitupun dengan anda dan saya. Maka sesuatu yang wajar bila suatu saat kita membuat kesalahan. Karena kesalahan itu, janganlah kita terlalu keras menghukum diri kita sendiri. Pelajarilah mengapa kesalahan itu bisa terjadi, dan ambil pelajaran yang berharga dari kesalahan tersebut.
4. Bersikap jujur. Semua orang tentu sudah tau apa arti kata dari jujur, termasuk anda bukan?
5. Perbaharui diri. Ada kalanya, saya merasa jenuh sekali dengan kehidupan yang saya alami, apakah termasuk juga? Bila sudah dalam keadaan seperti itu, kita memerlukan waktu untuk memperbaharui diri sendiri agar semangat hidup tidak hilang. Refreshing/merenung di tempat yang jadi favorit.
6. Mengembangkan bakat diri secara berkesinambungan.
Mungkin hanya ini yang dapat saya utarakan. Bila anda punya cara yang lain, silahkan bagikan dengan yang lain di kolom komentar.
Thanx..