Tag

,


Bagaimanakah perasaan anda terhadap diri anda sendiri? Apakah anda diselimuti oleh perasaan minder, tidak yakin pada kemampuan diri sendiri, mudah tunduk terhadap tekanan disekitar anda, bergumul dengan perasaan-perasaan depresi, menguatirkan apa kata orang tentang anda ? Atau malah kebalikan dari perasaan-perasaan tersebut ?
Jika anda memiliki perasaan minder,dll seperti contoh di atas, kemungkinan anda masuk ke dalam kategori pribadi yang kepercayaan dirinya kurang.
Lalu, apakah sebenarnya definisi dari percaya diri itu? Kepercayaan diri itu adalah efek dari bagaimana kita merasa, meyakini, dan mengetahui tentang diri kita sendiri.
Orang yang kepercayaan dirinya rendah/kurang, cenderung memiliki perasaan-perasaan seperti contoh di atas. Banyak hal/faktor yang dapat menurunkan/meningkatkan rasa kepercayaan dalam diri kita. Kepercayaan diri kita haruslah berasal/bersumber dari dalam diri kita sendiri, bukan berasal/disebabkan oleh hal-hal yang berasal dari luar diri kita, seperti memakai baju bagus, sepatu mahal, wajah yang tampan/cantik, banyak harta(kaya) dan masih banyak contoh lainnya. Memang kesemua itu mendukung, tapi bukan menjadi faktor utama untuk meningkatkan rasa percaya diri kita. Bilamana hal itu dijadikan faktor utama agar kita PD, maka bila hal itu hilang dari kita, maka rasa PD kita pun akan hilang. Sungguh begitu labilnya rasa percaya diri yang seperti ini.
Saya harap anda menghindari rasa percaya diri yang digantungkan pada materi fisik seperti ini..